Minggu, 16 Desember 2012

MEDIA PEMBELAJARAN METEMETIKA


MEDIA PEMBELAJARAN
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlKcbwhV9Fk0P0lSwr6pC8iGH6LEL5meCLYpy4Bv3s-bR3NVEWyN9MJRlAVgh5omsDFi4jLfpb_f-dlL2GgTSzYgYjDCHH3OK_w-R-WkhDrR1IisRVCQ1f-V8Jf5U09_g0M5p4uvGtrlI/s320/jsa1.JPG

Pelajaran matematika bagi sebagian anak-anak masih dianggap menakutkan dan menyulitkan. Tapi, tidak untuk Raihany Hidayati Az Zahra. Siswi kelas 5 SDIT Salsabila Bekasi ini menjadi salah satu pemenang Junior Scientist Award se-Indonesia 2011 hasil temuannya yaitu Permainan Matematika Maju Mundur untuk membantu teman-temannya memahami penerapan bilangan bulat. Bagamaina cara bermain game ini?

Mula-mula siapkan beberapa peralatan permainan berikut:
1. Papan permainan seperti berikut ini (boleh dimodifikasi asal tidak menghilangkan unsur-unsur penting):
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpmxF9X8yy4yQyIzgFyRa07FN7tQndvBMXp-oT-v3K0UKqzxiTHx5lAMnjL2VGd27Qay3TBAyx0G3eyofvOZCVgi7W7sMxmsGYJydCoDUDXNq0UmbFdW_0I_lQlUODgDI0oLcY_xp7QeA/s320/proposal+sains+4.jpg

2. Angka 1 sampai 10 dalam dua warna, biru dan merah.
3. Gelas plastik untuk wadah kocokan

Nah, sekarang kita siap bermain. Permainan ini sebenarnya mengadopsi permainan ular tangga. Namun, ada beberapa aturan khusus untuk memainkan Permainan Matematika Maju Mundur ini.

ATURAN PERMAINAN:
  1. Permainan terdiri dari 2 - 5 orang.
  2. Permainan ini terdiri dari angka 1 - 10 biru dan merah
  3. Untuk memulai permainan, setiap pemain akan mendapat angka dari hasil kocokan. Pemain yang mendapat angka terbesar maka berhak menjadi yang pertama.
  4. Biru menunjukkan bilangan positif yang berarti maju dan merah menunjukkan bilangan negatif yang berarti mundur.
  5. Pemain yang lebih dahulu sampai di GOLD berhak mendapatkan 10 biru dan dapat digunakan kapan saja jika dibutuhkan oleh pemain tersebut untu dapat maju. Contoh: Jika pemain mendapat 9 merah maka dapat ditukar dengan 10 biru sehingga menjadi (-9) + 10 = 1. Pemain tersebut dapat maju 1 langkah.
  6. Pemain yang lebih dahulu sampai di POOR maka akan mendapatkan 6 merah yang berarti pemain tersebut mempunyai hutang mundur 6 langkah dan boleh ditukar kapan saja (Dapat langsung mundur saat itu juga atau diakumulasi saat mendapatkan angka biru. Contoh: Jika pemain mendapatkan 5 biru maka hanya mundur 1 langkah karena (-6) + 5 = (-1) atau mendapatkan 8 biru jadi (-6) + 8 = 2 berarti maju 2 langkah
  7. DOUBLE artinya angka yang didapat harus dikalikan dua
  8. TRIPLE artinya angka yang didapat harus dikalikan tiga
  9. Pemain yang mundur melewati batas START maka mempunyai hutang mundur. Contoh: Jika pemain ada di angka 3 kemudian mendapatkan angka 3 merah maka ia keluar dari start dan mempunyai hutang mundur.  Begitu seterusnya sampai berhasil mendapatkan bilangan positif setelah diakumulasikan untuk dapat maju
  10. Pemain yang lebih dulu sampai ke finish menjadi pemenang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar